Penyebaran virus corona di sejumlah negara masih mengalami peningkatan. WHO telah mengkonfirmasi bahwa status virus corona dinyatakan sebagai Darurat Kesehatan Global.

Sampai saat ini, WHO juga mengumumkan bahwa virus corona sudah tersebar hingga di 25 negara, bahkan negara yang terdekat dengan Indonesia yaitu Singapura dan Malaysia. Hal ini lantas membuat kita merasa insecure saat berada di tempat umum, apalagi saat bekerja di kantor.

Baca Juga: 4 Alasan HR dan Pengusaha Wajib Mengikuti Pelatihan HR

Oleh karena itu, Anda selaku HR perlu memberikan penegasan informasi terkait mewaspadai virus corona di kantor Anda. Berikut 10 tips yang dapat Anda sosialisasikan di kantor:

1. Membawa bekal dari rumah atau membeli makanan di kantin yang bersih dan higienis.Daya tahan tubuh yang kuat dapat membentengi tubuh dari virus atau dengan kata lain, virus hanya menyerang sistem imun yang rendah. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Dengan demikian, karyawan Anda dianjurkan membawa bekal dari rumah atau jika tidak sempat masak cukup membelinya di kantin (higiene sanitasi kantin). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan makanan yang masuk ke dalam tubuh terbebas dari kontaminasi virus atau bakteri patogen yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.

 

2. Cuci tangan dengan sabun setelah dari toilet.Langkah efektif yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 30 detik. Menurut WHO, cuci tangan dengan sabun secara benar dapat menangkal berbagai virus dan bakteri patogen. Tangan yang merupakan anggota butuh dapat menjangkau semua anggota tubuh lainnya sehingga sangat menentukan kesehatan tubuh.

 

3. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer secara rutin.Cuci tangan dengan sabun tentu tidak dapat dilakukan di semua tempat. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk memastikan tangan tetap bersih maka Anda perlu siap sedia hand sanitizer di dalam tas atau di kantor. Namun, kondisi tangan yang sangat berminyak dan kotor (setelah berkebun, makan atau berolahraga) tidak efektif jika dibersihkan dengan hand sanitizer, karena zat aktif yang terkandung di dalamnya tidak dapat bekerja secara optimal dalam menghilangkan virus dan bakteri patogen.

 

4. Gunakan masker bila batuk atau pilek.Saat flu, daya tahan tubuh menurun sehingga risiko terserang virus atau penyakit lain lebih besar. Oleh karena itu, salah satu cara efektif meminimalkan risiko tersebut yaitu menggunakan masker. Bukan hanya untuk orang sakit flu, masker juga disarankan untuk orang sehat sebagai alat proteksi diri dari penyebaran virus seperti virus corona.

 

5. Tutup mulut menggunakan lengan atau tisu ketika bersin.Cara efektif mencegah tersebarnya virus yaitu jika Anda bersin tutup mulut menggunakan lengan. Menurut dokter Cissy B. Kartasasmita, Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) menyatakan kebanyakan orang saat bersin menutup mulut dengan telapak tangan, padahal hal ini salah. Sebab, telapak tangan tersebut selalu digunakan untuk bersalaman dengan orang lain dan menyentuhkan serta menggunakan peralatan kantor, sehingga sangat memungkinkan virusnya menyebar dan menginfeksi orang lain.

 

6. Pasang air purifier di kantor jika memungkinkan.Medium tempat penyebaran virus adalah udara. Sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan tempat karyawan beraktivitas harus selalu bersih dan bebas dari kontaminasi mikroorganisme berbahaya termasuk virus. Salah satu teknologi terkini yang dapat memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan adalah air purifier. Alat ini juga disandingkan dengan teknologi plasmacluster yang terbukti dapat menonaktifkan jenis virus corona yaitu feline corona virus (FCoV). Jika memungkinkan, air purifier dapat dipasang di kantor Anda untuk memberikan karyawan rasa aman dan nyaman saat bekerja.

 

7. Jangan menyentuh wajah terutama mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan.Anggota tubuh yang dapat menjangkau area wajah khususnya mata, hidung dan mulut adalah tangan. Oleh karena itu, setelah menggunakan atau menyentuh peralatan kantor yang bersifat umum sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum memegang wajah. Kenapa? Karena jalur masuk virus untuk menginfeksi tubuh terdapat di mata, hidung, dan mulut.

 

8. Hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan sesama rekan kantor.Umumnya karyawan sebelum datang ke kantor harus melewati beberapa daerah dan kerumunan orang selama di perjalanan. Karyawan tersebut tidak dapat dijamin terbebas dari kontaminasi virus. Dengan demikian, untuk meminimalisir karyawan lain terinfeksi virus yang dibawa dari luar adalah menghindari penggunaan barang pribadi seperti tempat minum, sendok, dan lain sebagainya.

 

9. Jaga kebersihan benda atau peralatan kantor yang sering digunakan.Peralatan kantor yang sering digunakan selama bekerja seperti laptop, telepon kantor, telepon genggam, dan sebagainya harus secara rutin dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan karyawan agar dapat menangkal virus dan bakteri patogen masuk ke dalam tubuh.

 

10. Segera ke fasilitas kesehatan jika batuk, pilek, dan sesak nafas.Jika karyawan Anda mengalami batuk, pilek dan sesak nafas saat berada lingkungan kantor, segera bawa ke fasilitas kesehatan atau hubungi petugas kesehatan yang berwenang.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Tips penting lainnya adalah menawarkan asuransi jiwa kepada karyawan Anda disaat virus corona yang tengah mewabah di negara-negara tetangga. Jika karyawan Anda terinfeksi virus ini dan meninggal dunia, manfaat yang dapat diperoleh oleh keluarga atau ahli waris adalah kesejahteraan dan finansial.

Sekarang produk asuransi jiwa dapat Anda temukan di Benefide, platform employee benefits. Produk asuransi jiwa disediakan oleh Capital Life yang harganya terjangkau dan ekonomis namun perlindungannya lengkap. Manfaat finansial yang dapat diperoleh maksimal Rp 100 juta. Daftarkan perusahaan Anda di website Benefide sekarang juga, GRATIS!


Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide