Sebagian perusahaan kurang menaruh perhatian terhadap retensi karyawan dan menganggap hal tersebut kurang penting dalam bisnis. Pemilik perusahaan baru sadar setelah kehilangan orang-orang terbaik karena satu per satu mengundurkan diri dan mencari penghidupan di perusahaan lain.

Menurut sebuah penelitian Retention Report tahun 2017 yang dikutip Urbanhire, sebuah platform perekrutan online, satu dari tiga alasan spesifik yang melatari karyawan meninggalkan pekerjaannya dan berpindah ke tempat lain adalah tidak terpenuhinya kebutuhan akan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance). 

Generasi milenial adalah tipe pekerja yang tidak mengejar penghasilan besar dengan rutinitas dan  kerja keras berjam-jam di kantor setiap hari. Mereka mengutamakan work-life balance ketimbang workaholic. Bagi mereka, kebutuhan akan gaya hidup tidak bisa diabaikan. 

Karyawan milenial lebih memilih bekerja dengan jam fleksibel dan ingin punya waktu lebih banyak untuk liburan menjelajah tempat baru dan mencoba beragam kuliner, bersantai di kedai kopi, latihan kebugaran, menggeluti hobi, hingga menghabiskan waktu bersama keluarga. Prinsipnya, kebahagiaan bagi karyawan milenial tidak selalu terkait gaji besar.Itu sebabnya, untuk menarik dan mempertahankan karyawan semacam ini, perlu adanya program benefit perusahaan kepada karyawan

Selain menunjang kebutuhan work-life balance, benefit juga dapat diberikan dalam bentuk program jaminan, seperti asuransi, healthcare, dan tabungan pensiun. Program semacam ini sangat membantu meningkatkan retensi, dengan membuat karyawan merasa bahagia dan terlindungi bekerja di perusahaan. Karena itu, benefit dapat menekan turnover karyawan.

Survei perusahaan konsultan Tower Watson terhadap 1.145 perusahaan di 20 negara Asia Pasifik bertajuk “2015 Asia Pacific Benefit Trends” menyebutkan 7 dari 10 perusahaan di Indonesia mengatakan perekrutan dan retensi karyawan merupakan fokus utama strategi pemberian benefit karyawan. Ini artinya, mayoritas perusahaan menganggap benefit sebagai cara efektif untuk mempertahankan SDM terbaik mereka.

Apa saja program benefit yang paling dibutuhkan karyawan? Setiap karyawan tentu punya prioritas kebutuhan yang beragam serta mendefinisikan kebahagiaan secara berbeda. Namun, ada beberapa program benefit yang populer, antara lain:

  1. Pinjaman karyawan. Saat memerlukan dana mendadak, akses pinjaman cepat dengan bungan ringan menjadi kebutuhan bagi karyawan. Beberapa perusahaan besar di Indonesia menyediakan pinjaman karyawan tanpa bunga dengan limit beragam dan dibayar dengan sistem angsuran potong gaji. Ada pula yang menerapkan sistem kasbon untuk karyawan kantor yang memerlukan uang sebelum tanggal penggajian.
  2. Asuransi. Karyawan juga membutuhkan proteksi terhadap risiko dan ketidakpastian apabila karyawan mengalami kecelakaan, kematian, atau cacat yang menyebabkannya tidak bisa bekerja. Program perlindungan ini dapat memberikan jaminan terhadap dirinya dan keluarganya.
  3. Work-life balance. Ini merupakan benefit program berupa fasilitas/kemudahan untuk menunjang gaya hidup karyawan, seperti olah raga, rekreasi, liburan, dan belanja. Tujuannya adalah memotivasi karyawan dalam bekerja. Contoh dari benefit ini adalah:
    1. Keanggotaan klub kebugaran, gym, dan yoga
    2. Tiket perjalanan dan voucher hotel untuk liburan keluarga
    3. Tiket hiburan/pertunjukan, konser, bioskop, atau wahana keluarga
    4. Voucher belanja, restoran, dan coffe shop
    5. Diskon produk/layanan
  4. Jaminan kesehatan. Di tengah mahalnya biaya pengobatan, benefit ini amat penting bagi karyawan. Beberapa perusahaan memberikan jaminan kesehatan dengan sistem reimbursement sebagian biaya pengobatan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.
  5. Freebie. Benefit ini dapat diberikan dalam bentuk makan siang cuma-cuma, program fresh and healthy food setiap hari tertentu, snack dan minuman setiap hari. Keberadaan coffee corner gratis di kantor juga akan membuat karyawanmu betah bekerja.
  6. Fleksibilitas kerja. Beberapa perusahaan menerapkan hari kerja fleksibel, di mana karyawan tidak diwajibkan datang ke kantor pada hari tertentu secara bergantian, tetapi dapat bekerja dari tempat yang mereka sukai atau dari rumah, misalnya satu atau dua hari seminggu. Bagi sebagian karyawan, bekerja dari luar kantor merupakan sebuah kemewahan.
  7. Cuti tambahan. Pemerintah mengatur cuti tahunan minimal 12 hari, namun perusahaan dapat memberikan tambahan beberapa hari dan diupah. Bahkan ada perusahaan yang menerapkan cuti tak terbatas bagi karyawannya, meski tidak semuanya dibayar.
  8. Tabungan pensiun. Ini jenis benefit berupa pembayaran yang sifatnya tidak langsung, di mana perusahaan mengikutsertakan karyawan dalam program dana pensiun dan membayarkan iurannya setiap bulan.

Perusahaanmu ingin memberikan employee benefits yang tepat dan berdampak terhadap retensi karyawan? Tak masalah. Kini sudah ada Benefide, platform online penyedia beragam benefit karyawan satu pintu yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Benefide menghubungkan perusahaanmu dengan merchant penyedia benefit secara langsung, di mana kamu memiliki keleluasaan memilih program benefit sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika kamu ingin memberikan benefit pinjaman karyawan cepat dengan bunga sangat ringan, maka tinggal pilih dan klik ‘Pinjaman Karyawan’ dari KoinWorks. Dengan proses persetujuan cepat 1 hari, karyawanmu dapat memperoleh pinjaman hingga 6 kali gaji dengan tenor 6 , 9, dan 12 bulan dan bunga flat 1-1,25% per bulan. Angsuran akan dipotong langsung dari gaji bulanan secara otomatis. 

Butuh asuransi dengan biaya terjangkau tetapi manfaat besar? Capital Life Indonesia bisa memenuhi kebutuhan akan perlindungan jiwa untuk minimal 6 orang karyawanmu, dengan beragam manfaat hingga maksimal Rp 100 juta.

Nah, untuk meningkatkan semangat kerja karyawanmu, beri mereka hadiah voucher atau diskon dari sejumlah merchant self-development, konseling, medical check-up serta beragam fasilitas untuk menunjang gaya hidup urban. Kamu bisa mendapatkannya di kategori work-life balance.

Untuk itu, kamu mesti membuat akun Benefide lebih dulu secara gratis. Kamu juga dapat menggunakan akun Gadjian untuk login, sebab Benefide terintegrasi dengan payroll software cloud terbaik di Indonesia itu.

Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide