Perjalanan dinas adalah perjalanan yang dilakukan oleh karyawan/pegawai dalam rangka menjalankan tugas pekerjaan atau untuk tujuan terkait bisnis perusahaan, dari mulai mengikuti diklat atau seminar, tender, perjanjian kerjasama, peresmian cabang, hingga kegiatan sosial atau CSR perusahaan. Perjalanan dinas bisa dilakukan dengan tujuan luar kota atau luar negeri.

Umumnya, perusahaan yang menugaskan perjalanan dinas memberikan uang saku, uang makan harian, uang transportasi lokal, uang akomodasi, dan tiket perjalanan antarkota/antarnegara. Namun, belum banyak perusahaan yang membekali karyawan dengan asuransi perjalanan dinas karyawan.

Apa pentingnya asuransi ini?

Setiap perjalanan selalu memiliki risiko buruk, seperti kehilangan barang, mengalami kecelakaan, tertimpa bencana alam, dan yang paling buruk adalah meninggal dunia. Asuransi perjalanan dinas karyawan memberikan perlindungan terhadap risiko tersebut, dengan sejumlah manfaat dari mulai biaya penggantian kerugian, biaya pengobatan, hingga santunan kematian.

Apakah BPJS Ketenagakerjaan tidak cukup? Bukankah risiko dalam perjalanan dinas juga ditanggung program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang iurannya dibayar perusahaan setiap bulan? 

Benar. JKK merupakan asuransi kecelakaan kerja yang dikelola pemerintah, yang juga meliputi kecelakaan di perjalanan dinas. Namun, asuransi ini hanya memberi manfaat apabila karyawan mengalami kecelakaan, termasuk apabila menyebabkan cacat atau kematian. 

Kerugian dalam bentuk lain di perjalanan, misalnya penerbangan tertunda, menjadi korban tindak kriminal, kehilangan bagasi, atau sakit di perjalanan, tidak termasuk dalam manfaat perlindungan JKK. Sedangkan asuransi perjalanan dinas dari perusahaan asuransi memberikan perlindungan lebih luas, sehingga kerugian akibat hal-hal buruk di atas dapat diklaim ke perusahaan asuransi.

JKK adalah wajib dan membeli asuransi perjalanan tetap penting. Apalagi, jika yang melakukan perjalanan dinas adalah karyawan yang memiliki posisi strategis dalam organisasi bisnis, maka perusahaan wajib menjamin keamanan dan perlindungan dari berbagai risiko. 

Melengkapi karyawan dengan asuransi perjalanan dinas karyawan di luar BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan bahwa perusahaan sangat peduli dengan karyawannya sebagai aset perusahaan. Perlindungan ganda ini akan memberikan manfaat lebih besar, misalnya, apabila karyawan meninggal dunia di perjalanan, ahli waris akan mendapat santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan asuransi, sehingga dapat menjadi bekal untuk menopang hidup mereka. 

Asuransi perjalanan membuat karyawan tak khawatir apabila terjadi risiko paling buruk. Memberi rasa aman dan terlindungi selama bekerja juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. 

Ada beberapa jenis asuransi perjalanan dinas yang umumnya disediakan oleh perusahaan asuransi komersial. Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan kebiasaan perjalanan dinas di perusahaanmu. 

Berdasarkan jangka waktunya, asuransi perjalanan dinas terdiri atas:

  1. Asuransi single trip, yaitu asuransi yang masa berlakunya hanya untuk satu kali perjalanan pulang-pergi. Asuransi ini ditujukan untuk karyawan yang melakukan perjalanan dinas sesekali atau tidak terencana.
  2. Asuransi annual travel, yaitu asuransi yang berlaku selama setahun. Karyawan yang memiliki frekuensi perjalanan dinas yang tinggi dan termasuk dalam agenda kerja setiap tahun lebih cocok menggunakan asuransi ini. 

Berdasarkan jumlah tertanggung, asuransi perjalanan dinas dibedakan menjadi asuransi perjalanan individu dan asuransi perjalanan kelompok. Untuk perjalanan dinas yang melibatkan beberapa orang (tim), asuransi kelompok menawarkan premi yang lebih murah dibanding asuransi individu, namun dengan manfaat yang sama.

Sedangkan berdasarkan tujuan perjalanan, terdapat asuransi perjalanan dinas domestik dan asuransi perjalanan dinas luar negeri. Umumnya, harga premi asuransi perjalanan antarnegara lebih mahal.

Cara mengklaim asuransi perjalanan dinas ada dua, yaitu:

  1. Klaim langsung, yakni apabila rumah sakit merupakan rekanan (provider) perusahaan asuransi. Tidak semua asuransi menyediakan layanan ini karena perusahaan asuransi hanya menjalin kemitraan dengan rumah sakit tertentu.
  2. Penggantian biaya (reimbursement), yakni pemegang polis berobat di perjalanan dengan mengeluarkan biaya sendiri, dan selanjutnya mengajukan klaim ke perusahaan asuransi dengan mencantumkan kuitansi rumah sakit atau surat keterangan dokter yang bersangkutan. Ini cara yang paling umum.

Selain asuransi perjalanan dinas, perusahaanmu juga dapat memberikan asuransi jiwa sebagai benefit karyawan untuk membakar motivasi kerja, meningkatan retensi, dan memupuk loyalitas karyawan terbaik. 

Kini asuransi jiwa bisa kamu temukan di Benefide, platform employee benefits terdepan di Indonesia. Produk asuransi jiwa disediakan oleh Capital Life dengan harga ekonomis namun perlindungan yang lengkap. Salah satu manfaatnya adalah perlindungan dari risiko kematian dan kecelakaan karena sebab apa pun, termasuk dalam perjalanan dinas.

Benefide merupakan marketplace yang menyediakan beragam benefit karyawan, seperti pinjaman karyawan, asuransi, hingga voucher untuk menunjang gaya hidup karyawan. Di sini, kamu bisa mencari benefit sesuai kebutuhan dengan anggaran minimal namun manfaat optimal. 

Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide