Karyawan Anda sering lembur karena banyak tugas yang harus diselesaikan di kantor? Jika iya, waspadai karyawan tersebut akan mengalami Sleep deprivation! Apa itu sleep deprivation?

Sleep deprivation (kekurangan tidur) merupakan kondisi di mana waktu tidur seorang individu tidak mencapai lebih dari 6 jam per harinya. Menurut Michelle Drerup, direktur dari Departemen Kedokteran di Cleveland Clinic, tidur merupakan suatu keharusan, dan bukan kemewahan. Namun, fakta membuktikan bahwa karyawan cenderung sering mengabaikan jam tidurnya demi lembur karena menyelesaikan deadline pekerjaan dari kantor yang sering ditunda-tunda.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Beberapa dampak yang dapat terjadi jika karyawan Anda sering mengalami Sleep Deprivation di antaranya:

  1. Memicu Munculnya Penyakit Serius.

Sleep deprivation yang dialami secara berkepanjangan dapat menyebabkan karyawan yang bersangkutan menderita insomnia. Insomnia merupakan suatu keadaan dimana seorang individu merasa sulit tidur atau susah untuk tidur nyenyak.

Penelitian dari University of Cambridge, Hugh Markus dan timnya menemukan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat dipicu karena insomnia. Penyakit jantung terdiri atas beberapa jenis, yaitu gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, dan serangan jantung. 

Pada saat tidur, tubuh bekerja untuk memperbaiki kerusakan sel-sel pembuluh darah maupun jantung. Oleh karena itu, seseorang akan rentan terkena serangan jantung maupun penyakit berbahaya lainnya, jika jam tidurnya di bawah enam jam. Selain menghadapi risiko penyakit jantung, penderita insomnia juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, serta masalah kesehatan mental. 

  1. Imunitas Menurun Sehingga Mudah Terserang Penyakit 

Tenaga karyawan yang diforsir setiap hari, serta sering lembur dapat mengganggu kondisi kesehatan organ tubuh. Menurut peneliti di University of Washington Medicine Sleep Center, kekurangan jam tidur dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh seorang individu menurun. Protein yang dihasilkan dari sistem imun tubuh kita yang berfungsi dalam melawan infeksi, peradangan dan stres akan dilepaskan pada saat tidur.

Apabila produksi protein tersebut terganggu karena jam tidur dikurangi, maka sel-sel tubuh tidak dapat memproteksi dirinya dari serangan penyakit maupun stres. Pertahanan tubuh akan melemah, sehingga penyakit yang sudah menyerang tubuh sulit untuk disembuhkan.

  1. Daya Ingat Menurun dan Terganggunya Konsentrasi

Menurut dr. Avelino Verceles, dari Fakultas Kedokteran, Universitas Maryland di Amerika Serikat, sistem saraf otak saat kondisi tidur dapat merekam semua kejadian yang dialami dan dipelajari selama seharian ke dalam ingatan jangka pendek. Oleh karena itu, karyawan dengan gangguan sleep deprivation, akan mengalami gangguan terhadap kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan ingatan. Selain itu, apabila kondisi sleep deprivation ini terjadi dalam jangka panjang, kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi juga akan mengalami penurunan. 

Sleep deprivation juga akan mengakibatkan karyawan sering mengantuk saat bekerja. Hal ini juga berbanding lurus dengan menurunnya kemampuan berkonsentrasi dalam hal apapun, termasuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab di kantor.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Meningkatkan Engagement Karyawan

Ketiga dampak negatif di atas, berkemungkinan besar terjadi pada karyawan Anda dan tentunya juga berpengaruh terhadap perusahaan yang Anda kelola. Selaku HR, Anda dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menawarkan jasa konseling atau konsultasi psikologi kepada karyawan di perusahaan Anda yang tersedia di Benefide, platform employee benefit

Anda bisa pilih voucher Riliv sebagai salah satu solusinya. Karyawan Anda bisa mendapatkan bimbingan konseling langsung dari psikolog yang profesional dan berpengalaman. Selain itu, Anda dapat menghemat waktu tanpa perlu keluar kantor. Cukup membuat akun di benefide dan dapatkan kemudahan untuk memulihkan psikologi karyawan di perusahaan Anda.

Mau menunjang kebutuhan karyawan di perusahaan Anda? Silahkan coba Benefide sekarang juga!

Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide